Kandungan MADU serta Manfaat dan Khasiatnya

Orbitpedia memberikan penjelasan apa kandungan madu, manfaat madu dan apa saja khasiat madu itu sendiri,, langsung aje ya..

Allah SWT telah menganugrahkan lebah sebagai obat untuk bermacam macam penyakit, sejak ribuan yang lalu sebelum di temukan obat antibiotik, lebah sudah menjadi obat untuk berbagai macam penyakit, namun bila jika madu tidak / belum dapat menyembuhkan penyakit yang diderita tidak lain hal tersebut hanya kebodohan manusia dalam hal cara konsumsi dan cara pakai terhadap madu, sebenarnya banyak sekali manfaat madu atau kandungan dari madu yang dapat menyembuhkan berbagai penyakit yang di derita orang, karena setiap penyakit pasti ada obat namun kita harus belajar lagi tentang alam yang sangat bermanfaat bagi umat manusia, dan sekarang madu mulai kembali mengulang kejayaannya seperti dulu banyak manusia kembali ke pada alam dengan memanfaatkan khasiat madu sebagai obat untuk kesehatan.

Kandungan Nutrisi dalam madu
Madu adalah campuran dari gula dan senyawa lainnya. Sehubungan dengan karbohidrat, madu terutama fruktosa (sekitar 38,5%) dan glukosa (sekitar 31,0%), sehingga mirip dengan sirup gula sintetis diproduksi terbalik, yang sekitar 48% fruktosa, glukosa 47%, dan sukrosa 5%. Karbohidrat madu yang tersisa termasuk maltosa, sukrosa, dan karbohidrat kompleks lainnya. Seperti semua pemanis bergizi yang lain, madu sebagian besar mengandung gula dan hanya mengandung sedikit jumlah vitamin atau mineral.Madu juga mengandung sejumlah kecil senyawa yang berfungsi sebagai antioksidan, termasuk chrysin, pinobanksin, vitamin C, katalase, dan pinocembrin.Komposisi spesifik dari sejumlah madu tergantung pada bunga yang tersedia untuk lebah yang menghasilkan madu.
Analisa kandungan madu secara umum:

        1. Fruktosa: 38.2%
        2. Glukosa: 31.3%
        3. Maltosa: 7.1%
        4. Sukrosa: 1.3%
        5. Air: 17.2%
        6. Gula paling tinggi: 1.5%
        7. Abu (analisis kimia):0.2%
        8. Lain-lain: 3.2%

Kekentalan madu adalah sekitar 1,36 kilogram per liter. Atau sama dengan 36% lebih kental daripada air)

Berikut ini ada 17 manfaat madu untuk kesehatan.

    1. Untuk mengobati luka
    2. Memperkuat sel darah putih
    3. Menstabilkan tekanan darah
    4. Mencegah osteoporosis
    5. Menjaga kesehatan mata
    6. Mengobati anemia
    7. Menambah kesuburan suami istri
    8. Mengobati alergi
    9. Mengatasi gangguan pernafasan
    10. Penambah tenaga / stamina
    11. Mengatasi sembelit
    12. Mencegah infeksi pada luka
    13. Mengatasi gangguan jantung
    14. Meningkatkan gairah s*ks
    15. Menghilangkan gejala penyakit asma
    16. Mengatasi radang tenggorokan
    17. Mengatasi sembelit


Dan berikut ini ada 7 khasiat madu untuk kesehatan lainnya yang sangat baik untuk kehidupan kita.
 
1. Janin : Perlu anda ketahui manfaat madu yang satu ini, ternyata madu berkhasiat untuk memperkuat janin yang lemah dalam kandungan (rahim). 
2. Ibu Hamil : Selain memperkuat janin, madu juga bermanfaat untuk membantu menjaga stamina dan kesehatan wanita yang sedang mangandung, dan yang penting yakni membantu asupan gizi bagi pertumbuhan janin selama dalam kandungan. 
3. Bayi : Otak bayi setiap harinya selalu mengalami perkembangan sampai usia 5 tahun. Untuk itu bayi harus membutuhkan gizi yang tinggi untuk membantu perkembangan otaknya. Hal ini bisa dilihat bahwa saat ini banyak sekali makanan dan minuman bayi yang dikombinasikan dengan bahan madu didalamnya. 
4. Anak-anak : Ternyata madu juga bisa menjaga nafsu makan anak lho, sehingga tidak ada alasan untuk anak malas makan. Tentunya ini juga membantu tumbuh kembang anak dengan sehat, lincah dan riang setiap harinya serta tahan penyakit. 
5. Remaja : Khasiat madu pada anak remaja memang sudah bukan rahasia lagi. Madu ini bisa membuat tumbuh kembang anak sangat cepat. Ini disebabkan karena gizi dan kandungan yang baik dalam madu mampu diserap tubuh. 
6. Dewasa : Untuk orang dewasa yang selalu bekerja setiap harinya tentu selalu merasa capek dan merasa stres sehingga badan menjadi lemas dan mudah terjangkit atau terserang penyakit. Untuk itu madu merupakan pilihan terbaik untuk ditambahkan kedalam daftar makanan dan minuman anda. Karena madu mampu memberi dan menjaga stamina agar tetap fresh dan tidak mudah terserang penyaki. 
7. Lanjut Usia : Pada usia tua tentunya fungsi organ pencernaan sudah mulai berkurang optimal. Untuk itu madu merupakan makanan/minuman yang baik karena mengandung sumber energi dan gizi yang baik. Dalam hal cerna pun madu sangat mudah untuk langsung diserap oleh tubuh. Sehingga khasiat madu yang satu ini sangat baik untuk manula.


Manfaat madu untuk kesehatan diatas hanyalah beberapa saja dari sekian banyaknya khasiat madu. Salah satunya yakni untuk wajah atau kecantikan. Semoga informasi tentang khasiat madu atau manfaat madu untuk kesehatan kali ini bermanfaat dan menambah wawasan pengetahuan anda tentang madu.

0 Response to "Kandungan MADU serta Manfaat dan Khasiatnya"

Posting Komentar