Selasa, 23 April 2013


Orbitpedia - Gandum merupakan tanaman yang juga memiliki karbohidrat. Kita sering sekali mendengan kata gandum bahkan kita memakannya mesti dalam bentuk apapun. Tapi,, apa kalian tau semua tentang gandum, dari jenis-jenisnya, kandungan gizi, manfaat dan khasiat dari gandum ini? langsung simak aja deh yang berikut:



Klasifikasi Gandum

  • Kerajaan : Plantae
  • Divisi : Magnoliophyta
  • Kelas : Liliopsida
  • Ordo : Poales
  • Famili : Poaceae
  • Genus : Triticum L.


Jenis-jenis Gandum

1. T. aestivum (hard wheat)
T. aestivum adalah spesies gandum yang paling banyak ditanam di dunia dan banyak digunakan sebagai bahan baku pembuatan roti karena mempunyai kadar protein yang tinggi. Gandum ini mempunyai ciri-ciri kulit luar berwarna coklat, bijinya keras, dan berdaya serap air tinggi. Setiap bulir terdiri dari dua sampai lima butir gabah.

2. T. compactum (soft wheat)
T. compactum merupakan spesies yang berbeda dan hanya sedikit ditanam. Setiap bulirnya terdiri dari tiga sampai lima buah, berwarna putih sampai merah, bijinya lunak, berdaya serap air rendah dan berkadar protein rendah. Jenis gandum ini biasanya digunakan untuk membuat biskuit dan kadang-kadang membuat roti.

3. T. durum (durum wheat)
T. durum merupakan jenis gandum yang khusus. Ciri dari gandum ini ialah bagian dalam (endosperma) yang berwarna kuning, bukan putih, seperti jenis gandum pada umumnya dan memiliki biji yang lebih keras, serta memiliki kulit yang berwarna coklat. Gandum jenis ini digunakan untuk membuat produk-produk pasta, seperti makaroni, spageti, dan produk pasta lainnya

Kandungan Gizi Gandum

Menurut Penelitian Lembaga yang menjadi bagian terbesar dari gandum antara 80-85% mengandung karbohidrat, protein, thiamin (vitamin B1), dan vitamin E. Nah, bagian yang terbuang yakni germ (embrio) berisi nutrisi untuk biji, bran (dedak) sebagai kulit pelindung luar, dan aleurone (lapisan sel adjacent pada lembaga). Padahal banyak zat gizi penting dalam bagian tersebut.

Menurut Nilani, germ yang hanya 3% dari biji banyak mengandung vitamin B, vitamin E, mineral dan elemen trace, berbagai enzim, dan flavonoid.  Bran mengandung serat, vitamin B, mineral dan elemen trace, dan fitokimia. Aleurone memiliki protein, enzim, serat, dan fitokimia.

Khasiat Gandum  Untuk Kesehatan

1.    Melancarkan Pencernaan
Biji gandum memiliki serat yang tinggi sehingga berkhasiat menghaluskan feces manusia. Itulah yang menyebabkan biji gandum ini sangat bersahabat dengan pencernaan. Hasiat mengkonsumsi biji gandum ini atau dalam bentuk olahannya adalah proses pencernaan makanan akan lancar karena Anda tidak akan sulit untuk buang air besar.

2.    Diet
Kandungan serat tinggi yang dimiliki biji gandum juga membuat Anda merasakan sensasi kenyang lebih lama jika sudah mengonsumsinya. Jika ingin berdiet dengan pola makan yang sehat, mengonsumsi biji gandum atau olahannya adalah hal terbaik yang dapat Anda lakukan untuk menyukseskannya. Cara diet alami.

3.    Baik untuk Jantung
Kandungan serat yang dimiliki oleh biji gandum ini sangat baik untuk kesehatan jantung Anda. Mengkonsumsi roti yang terbuat dari biji gandum secara rutin dapat menjaga jantung terkena penyakit jantung.

Jika sudah terserang penyakit jantung, terutama jantung koroner, Anda dapat mengkonsumsi oat meal secara rutin untuk mengobatinya. Di dalam oat meal yang terbuat dari biji gandum ini terdapat kandungan Folic Acid yang berguna untuk mengurangi atau bahkan dapat menyembuhkan penyakit jantung koroner.

4.    Mengobati Penyakit Kolesterol
Serat yang terkandung di dalam biji gandum ini juga memiliki khasiat untuk mengikat kolesterol, lemak, dan juga asam empedu. Dengan begitu, kolesterol dalam darah dapat dikurangi dengan mengkonsumsi makanan olahan dari biji gandum secara rutin dan dilakukan terus menerus. Kolesterol akan selalu terkontrol dengan adanya serat tersebut sehingga dapat digunakan pula untuk pencegahan timbulnya penyakit kolesterol.

5.    Mengobati Penyakit Diabetes
Biji gandum yang diolah menjadi roti memiliki kandungan gula yang rendah. Sangat jauh kandungan gulanya jika dibandingkan dengan sumber karbohidrat lainnya. Dengan begitu, Anda tidak akan kelebihan zat gula dalam darah yang menimbulkan penyakit diabetes.

Pengkonsumsian roti yang terbuat dari biji gandum sebagai karbohidrat ini sangat dianjurkan jika Anda memiliki penyakit diabetes. Ini diperlukan untuk tetap memenuhi kebutuhan tubuh akan karbohidrat tanpa harus menambah kadar gula dalam darah. Mengganti makanan pokok Anda dengan biji gandum adalah pilihan yang tepat yang dapat dilakukan.

Cukup lengkap bukan apa yang ada dalam gandum tersebut, semoga bermanfaat ya info ini saya buat...

Baca Juga Yang Lain:

Categories: ,


Bila anda menyukai artikel ini silahkan anda like dan share artikel ini serta follow blog ini, pada tombol yang ada pada sebelah kanan blog ini.

Silahkan berkomentar yang positif.

Contact me prasetyoyugo@.com

1 komentar:

  1. Informasi yang bermanfaat,Terima kasih.
    http://deni_yudhistira.student.ipb.ac.id

    BalasHapus