Cara Mudah UpGrade Sistem Operasi (OS) Blackberry

Orbitpedia- Cara Mudah UpGrade Sistem Operasi (OS) Blackberry. Para pengguna blackberry yang ingin meng upgrade OS blackberry biasanya pergi ke toko-toko HP Blackberry yang menawarkan service upgrade OS versi terbaru dengan harga jasa Rp 100.000 – Rp 250.000. Namun jika anda tahu cara upgrade os blackberry maka anda tidak perlu pergi ke toko HP untuk mengupgrade blackberry anda, karna anda bisa upgrade OS BlackBerry anda sendiri  dengan mudah.

Seperti halnya OS windows dan mac, OS BlackBerry juga terus diperbaharui dengan versi baru untuk memperbaiki system operational / kerja devicenya. Dan RIM menyediakan update OS tersebut secara gratis dengan mendownload melalui situs resmi Blackberry. User BlackBerry dapat mendownload OS dari website RIM dan instal upgrade OS BlackBerry sendiri secara mudah.

Yang perlu anda siapkan untuk meng upgrade OS Blackberry adalah Blackberry Desktop Software yang terdapat di CD Blackberry anda, atau anda dapat mendownloadnya melalui situs resminya di http://blackberry.com/desktop

Install Blackberry Desktop Software di komputer anda

Untuk minimum system requirements dari komputer yang digunakan dapat anda lihat di sini.
Yang perlu diperhatikan saat melakukan upgrade OS Blackberry Sebelum anda melakukan upgrade, terlebih dahulu backup data-data blackberry anda. Caranya: jalankan blackberry desktop software kemudian hubungkan blackberry anda ke komputer menggunakan kabel data. pada menu device pilih backup, kemudian pilih lokasi dimana anda akan mengimpan backup data.

Cara upgrade OS BlackBerry secara online:
  1. Jalankan BlackBerry Desktop Software, hubungkan hanset Blackberry ke komputer
  2. pada menu device klik update lalu tunggu beberapa saat, jika software mendeteksi adanya OS terbaru maka akan muncul pemberitahuan adanya update OS.
  3. ikuti wizard yang ada. tunggu sampai prosesnya selesai dan BlackBerry reboot, bisa memakan waktu sampai satu jam.
  4. Selesai. Restore data yang sudah dibackup menggunakan Desktop Manager. Caranya klik pada menu Device lalu pilih restore, pilih lokasi dimana anda menyimpan backup lalu tunggu proses restore selesai.

Cara upgrade OS BlackBerry secara manual:
Jika dengan cara upgrade blackberry secara online Blackberry Desktop  Manager tidak menemukan update terbaru, anda bisa mendownload OS terbaru dari Blackberry anda yang disediakan oleh situs resmi blackberry. Anda bisa mendownloadnya di http://us.blackberry.com/support/downloads/download_sites.jsp. pilih sesuai vendor operator anda dan pilih sesuai tipe BlackBerry anda.

Dengan cara upgrade OS BlackBerry secara manual ini terkadang ada OS yang tidak disediakan untuk operator anda karena biasanya ada fitur untuk operator masing tertentu yang tidak ada di operator lain. Namun anda tetap bisa menggunakan OS yang disediakan untuk operator lain jika OS tersebut tidak tersedia untuk operator dengan cara menghapus file vendor.xml pada instalan OS di PC. 

Berikut ini langkah-langkah upgrade OS Blackberry cara manual:

Install OS yang telah di download, klik file exe OS untuk Install OS ke komputer yang akan diupgrade via komputer. Penting Restart komputer anda.
Hapus vendor.xml di C drive -> program files -> common files -> research in motion -> app.loader
Back up data  BlackBerry ke komputer dengan Desktop Manager
buka software desktop manager, hubungkan BlackBerry nya ke komputer untuk di connect ke desktop manager.
Desktop manager akan otomatis detect untuk synchronize data, lalu akan otomatis check for updates yang muncul OS versi terbaru sebagai updates/upgrade, ikut petunjuk. (kalau tidak terdetect, restart lagi komputer dan restart desktop manager).
Kalau desktop manager masih tidak mendetect OS baru, tutup desktop manager dan masuk ke tempat hapus vendor.xml, klik loader.exe dan ikuti petunjuk.
Tunggu sampai benar-benar selesai dan Blackberry selesai reboot. Kemudian restore data yang sudah dibackup sebelumnya.

Atau bisa menggunakan Cara ini
Langkah-langkah untuk melakukan upgrade OS Blackberry :
  1. Siapkan ponsel Blackberry anda
  2. Koneksi internet untuk proses download softwarenya
  3. Komputer PC atau laptop dengan operating system Windows (untuk Mac OS gunakan Virtual Windows atau BootCamp)
  4. Kabel USB bawaan blackberry
  5. Install Desktop Manager (DM) di komputer anda (biasanya ada CD driver yang diberikan pada box Blackberry anda). Jika tidak ada, silahkan download BlackBerry Desktop Software.
  6. Insall OS yang akan digunakan untuk UpGrade (biasanya sistem akan melakukan auto detect untuk versi OS anda). Jika download file OS tidak sesuai carrier, maka dari windows explorer lakukan search (including system and hidden files) file dengan nama ‘vendor.xml’ setelah ketemu hapus aja file tersebut (kalo pake WindowsVista, bisa dicari di : C:\Program Files\Common Files\Research In Motion\AppLoader). Kalo filenya sesuai carrier, biarkan saja
  7. Installation Wizard akan muncul, klik ‘Next’ pilih negara anda, ‘Accept the terms of service’klik ‘Next’ lagi.
  8. Setelah proses instal selesai di PC, anda akan diminta untuk memulai Blackberry Desktop Manager. Centang pilihan ini lalu klik ‘Finish’. Secara otomatis Desktop Manager akan terbuka, silahkan hubungkan ponsel blackberry anda ke pc melalui kabel usb. Seandainya setelah beberapa menit DM tidak terbuka berarti anda mesti menjalankannya secara manual.
  9. Hubungkan Blackberry (BB) ke Komputer atau laptop via kabel data USB. Buka Desktop Manager (DM). Kalau ada permintaan upgrade os Blackberry dicancel dulu.
  10. Lakukan BackUp dulu supaya kalau ada masalah data bisa dikembalikan. Caranya, Run the DM –> Select Backup/Restore –> Backup –> Select dimana anda akan menyimpan file backup anda. Ingat lakukan dengan hati-hati ya …
  11. Selesai backup, masuk ke application loader. Kalau ada permintaan masukkan password Blackberry, masukkan paswordnya (kalau tidak ada paswordnya, klik ok saja)
  12. Pilih add/remove application. Kalau normal akan muncul semua file program yang akan diinstall. Silahkan dipilih language dan program/aplikasi bawaan OS apa saja yg mau diinstall di Blackberry. Ikuti instruksi di Desktop Manager (DM) tersebut, dan tunggu sampe selesai prosesnya.
  13. Selesai Upgrade OS Blackberry, cabut kabel data, restart lagi Blackberry nya, tutup Desktop Manager, dan uninstall file OS dari PC/laptop (optional)

Tidak semua hanset Blackberry bisa support OS tertinggi yang dirilis oleh RIM (OS 6 atau OS 7) karena device memory tidak mendukung OS yang memerlukan memory tinggi untuk menjalankannya. Jika anda tidak menemukan OS 6/7 untuk Blacberry anda, berarti BlackBerry anda memang tidak mendukung untuk upgrade OS BlackBerry ke versi terbaru.

0 Response to "Cara Mudah UpGrade Sistem Operasi (OS) Blackberry"

Posting Komentar