Info Objek / Tempat Wisata Menarik dan Indah Di Papua


Orbitpedia - Udah pernah ke papua belum? kalu sudah berati anda dapat sharing di artikel kali ini bagi para pembaca yang lain yang belum pernah ke papua. Nah ini juga penting buat yang belum kesana bisa buat referensi liburan juga, dan kalian semua bisa memilih tempat wisatanya dengan disesuaikan budget anda. langsung aja simak

Info Objek Wisata Menarik dan Indah Di Papua :

1. Raja Ampat

Raja Ampat merupakan tempat wisata di Papua yang saat ini tengah naik daun karena keindahannya yang luar biasa. Raja Ampat merupakan sebuah gugusan pulau yang terletak di Irian Jaya Barat. Raja Ampat sendiri berarti “Empat Raja”, nama yang dipilih berdasarkan jumlah pulau besar yang ada di wilayah ini. Tempat ini merupakan surga bawah laut dan disebut sebagai Raja Terumbu Karang. Gelar tersebut tidak diberikan sembarangan, sebab Raja Ampat memang memiliki 75% dari jenis-jenis terumbu karang yang ada di seluruh dunia. Selain itu, Raja Ampat juga kaya akan fauna bawah air seperti spesies kuda laut, hiu karpet, dan pari manta. Jadi, bagi anda penggemar diving, mengunjungi tempat ini adalah suatu keharusan jika anda memang ingin mendapatkan pengalaman menyelam yang menakjubkan. Namun, harap dicatat bahwa untuk dapat menyelam di kawasan Raja Ampat, anda harus melakukan booking terlebih dahulu karena banyak yang mengantri untuk mendapatkan kesempatan menyelam dan baca lebih lanjut tentang raja ampat disini.

2. Danau Sentani

Danau Sentani memang tidak seterkenal Raja Ampat, namun tempat wisata alam ini menawarkan pemandangan danau yang sangat indah yang terdapat diantara Pegunungan Cyclops, sekitar 70 – 90 m di atas permukaan laut. Danau ini merupakan danau terbesar di Papua. Luasnya mencapai 9.360 Hektar dengan kedalaman 24.5 m. Air yang ada di danau ini bersumber dari 14 sungai dengan satu air terjun bernama Jaifuri Puay. Di bagian barat, Doyo Lama dan Boroway, kedalaman danau ini sangat curam, sedangkan di bagian barat dan tengah danau, Puay dan Simporo, airnya dangkal. Di Simporo dan Yoka juga terdapat hutan rawa. Ada 24 desa tersebar di tepi danau dan sebuah pulau kecil di tengah-tengah danau. Untuk menjelajahinya, anda dapat menggunakan perahu yang disewakan di sekitar danau. Pemandangan alam yang masih asli dapat disaksikan di sini, contohnya beberapa bangau atau elang yang mencoba menangkap ikan di permukaan danau. Sungguh sebuah pemandangan yang biasanya anda hanya dapat saksikan di televisi.

3. Taman Nasional Lorentz

Taman Nasional Lorentz terbentang dari Puncak Gunung Jaya Wijaya hingga ke perairan Laut Arafura. Taman nasional ini juga telah ditetapkan sebagai situs warisan dunia pada tahun 1999 selain Taman Nasional Pulau Komodo dan Taman Nasional Ujung Kulon.

Selain keragaman floranya, fauna yang terdapat di taman nasional ini juga sangat beragam. Spesies seperti babirusa, wallabies, kucing liar, kuskus, dan kangguru pohon menempati wilayah hutan ini. Selain mamalia tersebut, terdapat juga sekitar 630 spesies burung (70% dari spesies burung di Papua), seperti Kasuari, Megapoda, Beo, Dara, Burung Udang, Burung Madu dan yang paling langka, Cendrawasih yang juga merupakan ikon dari Papua.

4. Salju Abadi Puncak Jaya Wijaya

Puncak Jaya Wijaya merupakan salah satu dari Seven Summits (Tujuh Puncak) yang menjadi target dari para pendaki gunung profesional di seluruh dunia. Puncak Jaya Wijaya berada di Taman Nasional Lorentz. Gunung ini ditutupi oleh salju abadi yang merupakan salah satu dari tiga salju abadi yang ditemukan di daerah tropis. Carstenz Pyramid (4884 m di atas permukaan laut) adalah salah satu puncak Jaya Wijaya yang mendapatkan predikat sebagai puncak tertinggi di Asia Tenggara dan wilayah Pasifik. Carstenz Pyramid tidak hanya terkenal akan ketinggiannya, tapi juga karena ketebalan lapisan saljunya.

5. Arkeologi Papua

Selain tempat wisata alam, Papua juga memiliki peninggalan arkeologi yang tak kalah menariknya. Potensi ini tentu saja dapat berdampak positif bagi perkembangan pariwisata dan juga masyarakat sekitar. Peninggalan arkeologi di wilayah Papua berasal dari jaman prasejarah di era Mesolitikum dimana berburu dan meramu adalah aktivitas utama manusia. Peninggalan arkeologi dari jaman ini misalnya Grotto Dudumunir Pulau Araguni, Kecamatan Fakfak, Papua Barat. Di tempat ini juga ditemukan artefak-artefak berupa alat pengeruk dan mata panah.

Relik dari era yang sama juga ditemukan dalam bentuk lukisan di atas dinding gua dan batu seperti di Bukit Tutari, Kecamatan Doyo Lama, Jayapura, Papua. Relik arkeologi yang tersebar di hampir semua area Papua dapat dimanfaatkan sebagai aset yang cukup potensial. Keberagaman ini dapat dijadikan sebagai nilai plus dalam pariwisata wilayah Papua.

6. Danau Paniai
Danau ini  memiliki luas 14.500 hektar dan berada pada ketinggian 1.700 mdpl. Danau ini juga diakui dunia dalam konferensi danau sedunia pada tahun 2007 lalu.

7. Pulau Rumberpon
Pulau ini menyajikan keindahan bawah lautnya. Bagi yang hobi diving atau snorkeling, pulau ini sangat cocok karena tidak kalah dengan lokasi wisata lainnya.

8. Monumen Perjuangan
9. Danau Air Garam
10. Monumen Tugu MacArthur
11. Pantai Amai
12. Pantai Holtekamp
13. Lembah Balliem
14. Danau Yamur
15. Gunung Kwoka
16. Gunung Wasada

Dan tentunya masih banyak lagi, demikian sekilas tempat wisata di papua, semoga bermanfaat ya..

1 Response to "Info Objek / Tempat Wisata Menarik dan Indah Di Papua"

  1. Mohon infonya, barangkali ada hotel / resort yg sedang membutuhkan tenaga cook / koki / tukang masak,
    silahkan kontak saya ; 085664600785

    BalasHapus