Tips / Cara yang Benar, Baik dan Sehat Bagi Penderita Maag

Orbitpedia - Tips Puasa yang Benar Bagi Penderita Maag. Puasa ramadhan hukumnya wajib bagi umat muslim yang beriman. Bukannya mau ceramah kok, kita disini mau ngebahas tips yang baik untuk berpuasa bagi penderita sakit maag. Orang yang merasakan sakit maag atau perutanya sakit namun masih maag biasa atau maag fungsional disebutnya dan dia tidak mau berpuasa. itu salah, seharusnya malah mereka yang maag-nya masih ringan lebih dianjurkan untuk berpuasa, ingin lebih tau dengan lengkap silahkan simak artikel ini.

Hukum puasa dengan maag
Agama islam menyuruh umatnya beribadah sesuai kemampuan, begitu juga dengan puasa. Dalam hal ini, sakit maag ada beberapa tingkat keparahan. Bagi mereka yang masih mampu untuk menjalankan dan mendapatkan izin dokter insyaallah puasa akan menjadi obat baginya. Tapi, jika sakit yang diderita sudah parah, bahkan terjadi pendarahan lambung, muntah-muntah, serta tidak diizinkan puasa oleh dokter maka orang ini berhukum seperti orang sakit pada umumnya yaitu mengganti di hari lain. Seberapa parah sakit maag anda? Konsultasi pada dokter adalah solusi tepat bagi penderita maag menjelang ramadhan.

Apakah maag?
Penyakit maag disebabkan tingginya asam lambung sehingga melukai dinding lambung sendiri. Tingginya cairan lambung ini bisa memaksa otot-otot lambung berkontraksi sehingga menimbulkan rasa perih dan mual. Selain itu tingkat keasaman pada penderita maag biasanya sangat ekstrim yaitu 1 PH. Jika asam lambung ini sampai pada usus maka akan bercampur dengan cairan usus yang bersifat basa dan menimbulkan gas yang membuat perut menjadi kembung.

Ada dua macam penyakit maag yaitu:
1.Maag fungsional
Sebanyak 60% penderita maag adalah tipe fungsional yang disebabkan kesalahan pola makan, stress, beban pekerjaan, dan emosi. Gejala yang ditunjukkan seperti perih, mual, dan kembung. Maag tipe ini relatif ringan sehingga memungkinkan penderita untuk berpuasa.

2.Maag organik
Penyakit maag organik terjadi akibat kelainan organ pencernaan misalnya luka lecet pada kerongkongan, lambung, usus, dan lain-lain. Gejalanya lebih parah dari jenis fungsional seperti berat badan turun, anemia, muntah darah, BAB hitam, tidak bisa menelan, dan lain-lain. Penderita maag jenis ini tidak boleh berpuasa sebelum penyakitnya diobati karena akan memperparah penyakit.

Puasa sebagai obat maag
“Bagi penderita maag fungsional, puasa bisa dijadikan obat mujarab karena dengan puasa maka pola makan menjadi lebih teratur.”

Selain itu, kebanyakan maag disebabkan stress dan emosi, sedangkan puasa melatih kesabaran dan mendekatkan diri pada Allah SWT. Karenanya orang-orang yang berpuasa hatinya lebih tenang dan penyebab maag menghilang.

Tips Puasa yang Benar Bagi Penderita Maag : 

1. Usahakan melakukan sahur
Melakukan sahur adalah sebuah sunnah dan nabi mengatakan didalamnya terdapat berkah, meski hanya dengan minum air putih. Dengan melakukan sahur, maka diperoleh manfaat sebagai berikut : a.Menyiapkan energy untuk aktifitas disiang harinya b.Menurunkan keasaman dari cairan isi lambung, meski dengan air putih. Pada sebagian orang minum air putih di pagi hari diangggap sebagai obat, hal ini disebabkan air yang di minum pagi hari dalam jumlah banyak akan dengan mudah di keluarkan melalui air kencing ( urin), bersama-dengan kototran-kotoran yang berasal dari dalam tubuh.

2. Hindari tidur setelah sahur.
Tidur setelah sahur atau juga pada siang hari pada kurang baik bagi lambung yang sedang mengalami perandangan, karena tidur akanmenyebabkan peningkatan gerak saluran cerna sehingga pengosongan lambung lebih cepat, pengeluaran asam lambung juga meningkat. Hal ini disebabkan pada saat tidur keluaran hormone non katekolamin meningkat . Hormon ini akan meningkatkan sekresi asam lambung dan gerak usus. Akibatnya saat bangun tidur perut kita menjadi lebih terasa lapar.

3. Melakukan aktifitas
meski hanya membaca. Berlawanan pada keterangn diatas ( no.2). Jika seseorang itu terjaga apalagi beraktifitas, maka otak akan merangsang keluaran hormone katekolamin. Hormone ini mempunyai efek mengurangi keluaran asam lambung dan enzim pencernaan, mengungi gerak usus, serta menghancurkan simpanan gula dan lemak yang ada didalam tubuh.

Manfaatnya adalah :

  • Sekresi asam lambung yan menurun dapat mengurngi rangsang perlukaan ke dinding lambung, kondisi ini sangat menguntungkan bagi penderita radang lambung baik yang akut maupun kronis
  • Mengurangi gerak usus akan meningkatkan waktu cerna bagi lambung dan usus. Situasi ini bermanfaat dalam menurunkan kerja lambung, makanan akan lebih tercerna sehinga lebih banyak zat gizi yang bisa diserap . Gerak lambung yang melambat juga akan mengurangi rangsang pada area lambung yang meradang( luka).
  • Efek menghancurkan deposit lemak , sangat penting bagi orang yang mengalami kegemukan ( obesitas), sehingga bagi orang yang ingin langsing sebenarnya tindakan puasa merupakan cara yang efektif dan efisien dalam upaya mengurangi berat badan.
  • Hormon katekolamin menekan keluaran insulin dan meningkatkan penghancuran deposit gula, akibatnya pangkreas dapat memproduksi insulin yang lebih matang . insulin yang matang efektif dalam memfasilitasi kadar gula agar tetap normal.

 4. Hindari stress
Stress apapun bentuknya dapat menyebabkan 2 efek negative sekaligus, pertama sekresi asam lambung berlebih yang dapat merusak dinding lambung dengan cepat. Kedua , menipiskan lapisan lender pelindung dinding lambung. Jadi dinding lambung sangat beresiko terjadi perlukaan bila seseorang sedang menghadapi tekanan/stress. Atasi stress dengan meningkatkan ketaqwaan pada Alloh atau lakukan ruqyah agar jiwa menjadi tenang.

5. Hindari mengkonsumsi obat dan makanan yang dapat merusak lambung.
Beberapa obat seperti golongan steroid, asam salisilat dan makanan dengan bahan pengawet serta berkarbonasi , diketahui mempunyai resiko merusak dinding lambung. Sebaiknya hindari obat dan makanna tersebut , dan beralih ke obat dan makanan yang aman. Obat herbal seperti jintan hitam ( habbatussauda ) diketahui mempunyai efek menyerupai steroid , karena bersumber dari herbal maka mempunyai efek samping minimal. Jika perut terasa nek dan mual lakukan minum minyak zaitun 10 ml sebagai ganti dari antasida.Jika masih terasa perih mungkin perlu dilakukan bekam.

6. Makan secukupnya Sesuai anjuran Rasulullah
Untuk makan bila terasa lapar dan berhentilah sebelum kenyang karena dengan volume yang sedang, otot lambung cukup kuat tapi relaks untuk melakukan kontraksi guna mencerna makakan menjadi chime yang siap di serap. Makan tidak terlalu kenyang juga menjadikan dinding lambung tidak akan teregang terlalu kuat sehingga akan mengurangi nyeri dan efek robekan pada dinding yang meradang. Ibarat balon jika kita meniup udara terlalu banyak maka dinding balon akan menjadi lebih tipis, dan resiko meledak/pecah lebih tinggi.

7. Menyegerakan saat berbuka atau makan malam.
Menyegerakan berbuka dengan dengan makanan yang manis akan mengembalikan stamina ke kondisi semula, namun jika berlebihan maka akan menimbulkan efek seperti radikal bebas yang bisa memicu timbulnya kerusakan dinding pembuluh darah seperti atherosclerosis ( penyempitan dinding pembuluh darah ). Makan malam adalah hal yang penting tapi paling sering diabaikan. Padahal makan malam penting dalam mencegah kerusakan dinding saluran cerna. Seperti diketahui sekresi cairan lambung dan cerna pada malam hari dan terlebih saat tidur akan lebih tinggi disbanding siang hari. Dengan kata lain siang hari tidak berbahaya jika seseorang itu berpuasa dengan atau tanpa makan (sahur) cukup niat , tapi hendaknya pada malam hari dia harus tetap makan.

Makanan dan minuman yang harus dihindari penderita maag :

  • Kopi
  • Makanan pedas dan asam
  • Makanan berlemak seperti gorengan dan jeroan karena lemak sulit dicerna sehingga membebani lambung.
  • Makanan yang mengandung gas seperti kubis, nangka, sawi, kismis, dan kacang-kacangan karena bias membuat kembung.
  • Minuman beralkohol
  • Cokelat dan keju
  • Merica

Nah begitulah tips berpuasa bagi penderita maag, kita ulas dari apa itu maag, tipsnya penderita maag untuk berpuasa, dan makanan minuman yang harus dihindari para penderita maag dalam waktu berpuasa ataupun tidak berpuasa.

1 Response to "Tips / Cara yang Benar, Baik dan Sehat Bagi Penderita Maag"