Manfaat Ubi Jalar dan Kandungan Gizi Ubi Jalar

Orbitpedia - Kalian tahu ubi jalar? Baik akan saya jelaskan sedikit. Ubi jalar atau ketela rambat (Ipomoea batatas L.) adalah sejenis tanaman budidaya. Bagian yang dimanfaatkan adalah akarnya yang membentuk umbi dengan kadar gizi (karbohidrat) yang tinggi. Di Afrika, umbi ubi jalar menjadi salah satu sumber makanan pokok yang penting. Di Asia, selain dimanfaatkan umbinya, daun muda ubi jalar juga dibuat sayuran. Terdapat pula ubi jalar yang dijadikan tanaman hias karena keindahan daunnya.

Nah bila sudah tahu ubi jalar apa, maka kalian harus tahu juga kandungan giza ubi jalar dan manfaat ubi jalar itu sendiri. Gak perlu panjang lebar, berikut kandungan gizi dan manfaat ubi jalar.

Nama dan Kandungan Gizi Ubi Jalar :


Nama umum
Indonesia :    Ubi jalar, ketela, ketela rambat, telo rambat (Jawa), patatas (Papua), mantang (Sunda)
Inggris :    Sweet potato
Melayu :    Ubi keledek
Thailand :    Phak man thet
Pilipina :    Kamote
Jepang :    Satsumaimo

Nilai kandungan gizi Ubi Jalar per 100 g (3.5 oz)

Energi 360 kJ (86 kcal)
Karbohidrat 20.1 g
Pati 12,7 g
Gula 4.2 g
Diet serat 3,0 g
Lemak 0,1 g
Protein 1,6 g
Vitamin A equiv. 709 mg (79%)
- Beta-karoten 8509 mg (79%)
- Lutein dan zeaxanthin 0 mg
Thiamine (Vit. B1) 0,1 mg (8%)
Riboflavin (Vit. B2) 0,1 mg (7%)
Niacin (Vit. B3) 0,61 mg (4%)
Asam pantotenat (B5) 0,8 mg (16%)
Vitamin B6 0,2 mg (15%)
Folat (Vit. B9) 11 mg (3%)
Vitamin C 2.4 mg (4%)
Kalsium 30,0 mg (3%)
Besi 0,6 mg (5%)
Magnesium 25,0 mg (7%)
Fosfor 47,0 mg (7%)
Kalium 337 mg (7%)
Sodium 55 mg (2%)
Seng 0,3 mg (3%)
Source: USDA Nutrient database

Manfaat khasiat ubi jalar dan cara meramunya:
  1. Bisul: 10 g daun ubi jalar yang masih segar ditumbuk sampai lumat lalu ditempelkan pada bisul.
  2. Demam berdarah: Satu ikat daun ubi jalar direbus dengan satu liter air, setelah dingin, saring dan minum air rebusan sebagai pengganti air minum kira-kira satu liter setiap hari
  3. Rabun ayam: Setengah kepal daun ubi jalar merah dicuci bersih dan diparut, campur dengan 3 sendok makan air masak dan 2 sendok makan madu. Kemudian diperas dan disaring. Minumlah air ramuan yang sudah disaring tersebut 3 x sehari sampai sembuh.
  4. Mabuk perjalanan: Ambil ubi jalar secukupnya, cuci bersih, dan makanlah sedikit demi sedikit selama dalam perjalanan.
  5. Diabetes melitus (kencing manis): 100 g ubi jalar, 15 g kulit labu bligo (benincasa hispida ), dan 50 g biji alpukat direbus dengan 1.000 cc air hingga tersisa 500 cc, saring dan diminum airnya, sedangkan ubinya dimakan.
  6. Sakit tenggorokan: Minum air seduhan bubuk ubi jalar putih. Bubuk ini didapatkan dari ubi yang dikeringkan dan ditumbuk hingga halus.
  7. Cacingan dan susah buang air besar: Daun ubi jalar dijus lalu diminum. Dapat juga dilakukan dengan merebus daun ubi jalar dan meminumnya.
artikel ini bertujuan untuk memberitakan sesuatu yang bermanfaat bagi pembaca, silahkan like dan komen artikel berikut.. terima kasih..

2 Responses to "Manfaat Ubi Jalar dan Kandungan Gizi Ubi Jalar"

  1. terimakasih atas infonya tentang ubijalarnya sangat bermanfaatnih nih untuk yang suka mabuk perjalanan.

    BalasHapus
  2. Wah ternyata ubi sanat bagus untuk tubuh kita kadang kita meremehkan hal itu coba aja ubi sebagai pengganti nasi dalam kehdupan sehari-hari kita tak perlu lagi repot dengan import beras heeee...
    http://www.cari-alamat.com/

    BalasHapus