Dampak / Efek Negatif Menggunakan Headset bagi Kesehatan Telinga

Orbitpedia - Dampak / Efek Negatif Menggunakan Headset bagi Kesehatan. Headset atau headphone adalah sebuah alat yang digunakan untuk mengeraskan suara yang dipakai secara privat perorangan. Perangkat tersebut telah dipakai oleh hampir seluruh pecinta musik yang suka mendengarkan lagu-lagu agar terdengar lebih jelas dan bertenaga.

Para pendengar lagu-lagu menggunakan headset biasanya akan mampu berlama-lama bertahan dengan alunan irama musik. Ya karena headset merupakan perangkat portable yang bisa dibawa kemana-mana dan bisa lepas pasang sesuka hati kita. Bagi sebagian orang tertentu bahkan memiliki kebiasaan mendengarkan lagu sebelum tidur dengan memakai headset. Kebiasaan ini merupakan kebiasaan tak sehat dan harus dihindari.

Sebuah penelitian menunjukan bahwa menggunakan headset yang terlalu sering bisa memberikan dampak buruk bagi pemakainya. Hal ini bisa menyebabkan gangguan penurunan kinerja pendengaran bahkan bisa merusak sistem pendengaran.

Dampak / Efek Negatif Menggunakan Headset bagi Kesehatan

 1. Kerusakan permanen pada telinga.
Hal ini terjadi bila telinga sudah tidak kuat lagimenanggung beban suara keras dari earphone yang langsung terhubung dengan lubang telinga. Biasanya, hal ini terjadi pada mereka yang masih berusia muda atau remaja.

2. Kehilangan pendengaran di usia 20-an.
Berdasarkan penelitian, efek penggunaan earphone atauheadset yang berlebih ini memang tidak akan langsung terasa. Kerusakan akibat penggunaan headset atau earphone yang berlebihan ini akan muncul secara perlahan, biasanya efek akan mulai terasa di usia 20-an. Di usia itu, si penderita akan mulai kehilangan pendengarannya.

3. Kerusakan otak.
Gelombang elektromagnetik akibat earphone atau headset inididuga berpengaruh terhadap listrik otak. Terbukti gelombang elektromagnetig ini berpengaruh pada listrik otak pada tikus. Namun, hingga saat ini belum diketahui seberapa besar efek dari gelombang elektromagnetik itu pada otak manusia. Tapi yang jelas kamu harus tetap waspada.

4. Ambang pendengaran.
Paparan musik dengan earphone atau headset dapatmempengaruhi ambang pendengaran manusia, terutama bila dilakukan dengan volume keras dan dalam jangka waktu lama. Secara perlahan efek ini akan mengarah pada gangguan pendengaran secara permanen.

semoga bermanfaat bagi anda semua, bila berkenan klik like dibawah ini..

0 Response to "Dampak / Efek Negatif Menggunakan Headset bagi Kesehatan Telinga"

Posting Komentar