Tips Mudik Aman Lebaran dengan Si Kecil

Orbitpedia - Hai semua pembaca orbitpedia blog.. Kali ini penulis akan membahas tentang bagaimana tips yang baik untuk mudik lebaran dengan anak kecil.
Memang tidak semua pemudik mempunyai anak kecil ya, tapi juga masak para kalian ini tidak mau mempunyai anak kecil, hehe.. Nah cukup repot pastinya bila mudik membawa anak kecil, apalagi bakal kacau bila tidak mengetahui trik-trik jitunya. Mudik ini emang udah menjadi tradisi para perantau untuk pulang kampung pada saat lebaran, ya kan, ya gak sih???

Mari kita simak nasehat dari ahli kesehatan anak terlebih dahulu, yakni dari dr Tommy dari Universitas Indonesia dan dr Sri Wahyudi SpA dari Rumah Sakit Ibu dan Anak (RSIA) Puspa Husada, Bekasi Timur.

Kedua ahli ini sependapat, ada beberapa hal yang perlu dipertimbangkan untuk membawa bayi mudik. Selain faktor usia bayi, perlu dilihat faktor lain seperti berapa jauh jarak dan waktu tempuh serta kendaraan apa yang digunakan: pesawat, kapal, mobil pribadi, angkutan umum, atau motor.

“Sebaiknya anak di bawah usia tiga bulan tidak diajak mudik atau melakukan perjalanan jauh. Sebab, anak di usia tersebut berisiko mengalami kecapekan, hingga bisa mengalami demam, dehidrasi, dan mencret,” kata dokter spesialis anak, Sri Wahyuni.

Jika mudik menggunakan pesawat, bayi di bawah usia tiga bulan masih sangat rentan mengalami pecah gendang telinga. Ini bisa terjadi saat take off dan landing, karena pada saat itu terjadi perubahan tekanan udara. 

“Oleh karena itu, bayi di bawah tiga bulan sangat tidak dianjurkan mengadakan perjalanan dengan menggunakan pesawat,” katanya. 

Namun dalam kondisi terpaksa yang mengharuskan pulang kampung, bisa saja membawa bayi menggunakan pesawat. Hanya saja, lanjut Sri, perlu kehati-hatian lebih. Untuk mengurangi risiko pecahnya gendang telinga, bayi bisa diberi minum (ASI ataupun jus) saat take off maupun landing. Cara lainnya, pada saat yang sama, bayi didekap hingga salah satu telinga menempel pada tubuh ibu dan satu telinga lainnya ditutup kapas.

Sementara Tommy menyarankan, bayi di atas 6 bulan aman-aman saja dibawa mudik untuk perjalanan tidak lebih dari empat jam, baik lewat darat maupun udara. Akan tetapi, bayi harus dikondisikan dalam posisi nyaman, bisa tetap makan dan minum dengan baik. 

“Untuk persiapannya, segala macam perlengkapan bayi harus tersedia mulai dari susu, popok, lap, tisu, air panas, baju ganti, botol susu dan obat-obatan,” lanjut  Tommy.

Sri Wahyuni menambahkan, ibu juga perlu menjaga kebersihan bayi baik baju, makanan, maupun minumannya agar tidak terkontaminasi kuman yang dapat menimbulkan penyakit seperti mencret. 

“Beruntung bagi ibu yang masih bisa memberikan ASI, karena relatif terjaga kebersihannya dibanding menggunakan botol,” jelas Sri.

Sri Wahyuni dan Tommy sepakat, sebaiknya bayi dalam kondisi sakit tidak melakukan perjalanan jauh. Seperti bayi dalam kondisi flu, diare, atau muntah-muntah. “Sebaiknya diobati dulu sampai benar-benar sembuh atau tunggu 3-5 hari. Biarkan istirahat dulu. Jangan nekat dibawa jalan, karena bayi bisa mengalami panas lagi dan sangat berisiko tertular kuman di perjalanan,” kata Sri.

Supaya bayi tetap sehat, lanjut Sri, sebaiknya ibu mempersiapkan jauh-jauh hari dengan memberikan asupan makanan sehat, bergizi, ASI cukup. Berikan tambahan jus wortel, jus jeruk, dan perhatikan asupan protein baik hewani maupun nabati.

“Hal lain yang perlu diantisipasi pada bayi adalah dehidrasi, karena panas dan perjalanan jauh, serta mabuk perjalanan. Jadi obat-obatan untuk mengatasi masalah tesebut harus dipersiapkan,” tambah Tommy.


  1. Siapkan mainan yang disukai anak untuk menemaninya sepanjang perjalanan.
  2. Siapkan obat-obatan dan vitamin yang dibutuhkan untuk anak sepanjang perjalanan.
  3. Sering-seringlah beristirahat di tempat-tempat yang telah disediakan. Jangan paksakan mengemudi ketika kondisi badan sudah lelah dan jangan kebut-kebutan.
  4. Jangan lupa membawa perlengkapan dan kebutuhan dasar bagi mereka seperti popok, bedak, bantal, makanan bayi/ anak, dan lain-lain
  5. Orang tua perlu menyiapkan fisik yang prima dan mental yang baik sebelum mudik.

terimakasih sudah membaca tips mudik aman lebaran dengan si kecil, jangan lupa like di gambar bawah berikut ini...

0 Response to "Tips Mudik Aman Lebaran dengan Si Kecil"

Posting Komentar