Hari Anak Nasional dari Segi Sejarah dan Peringatannya

Orbitpedia - Bangsa Indonesia sebagai bagian dari populasi dunia mempunyai komitmen untuk memberikan jaminan terpenuhinya hak-hak dan perlindungan anak, yakni yang merupakan hak asasi manusia, antara lain hak untuk hidup, kelangsungan hidup, tumbuh-kembang dan berpartisipasi secara optimal sesuai dengan harkat dan martabat manusia serta mendapat perlindungan dari kekerasan dan diskriminasi demi terwujudnya anak Indonesia yang sejahtera, berkualitas dan terlindungi.

Sejarah Hari Anak Nasional bermula dari Alm. Soeharto, mantan presiden RI ke-2, yang melihat anak-anak sebagai aset kemajuan bangsa. Kemudian pada tahun 1984 berdasarkan Keputusan Presiden RI No. 44  tahun 1984, ditetapkanlah setiap tahunnya tanggal 23 Juli sebagai Hari Anak Nasional. Peringatan Hari Anak Nasional diselenggarakan setiap tahun sejak 1986 sampai sekarang.

Sebagaimana kita ketahui bahwa belum semua anak Indonesia terpenuhi kebutuhan dan hak-hak dasarnya. Oleh karena itu peringatan Hari Anak Nasional bukan sekedar seremonial dari ketentuan penyelenggaraan Hari Anak Nasional tetapi pada hakekatnya merupakan momentum yang penting untuk menggugah kepedulian maupun partisipasi seluruh rakyat Indonesia dalam menghormati dan menjamin hak-hak anak tanpa diskriminasi atau dibedakan, memberikan yang terbaik bagi anak, menjamin semaksimal mungkin kelangsungan hidup dan perkembangan anak serta menghargai pendapat anak.

Kegiatan Hari Anak Nasional (HAN) dilaksanakan mulai dari tingkat pusat, hingga daerah, bahkan di luar negeri juga. Untuk penyelenggaraan tahun ini, pemerintah melalui Mentri Koordinator Kesejahteraan Rakyat (Menko Kesra) menugaksan Departemen Sosial sebagai koordinator penyelenggaraan HAN 2014.
Kegitan yang diselenggarakan bermacam-macam, mulai dari Seminar, lomba penelitian, Kongres anak, Perayaan Puncak HAN, lomba kreativitas, pameran, hingga pemecahan rekor melukis harapan anak.

Ayo deh persiapkan segala kemampuan kamu, cari informasi di tempat kamu, dan sama-sama rayakan hari milik kamu semua, jangan terus mempedulikan hal yang sedang hangat, menjadikan kita melalikan anak-anak..

0 Response to "Hari Anak Nasional dari Segi Sejarah dan Peringatannya"

Posting Komentar