Tips Merawat Jam Tangan Kesayangan Anda dengan Mudah

Orbitpedia - Para pembaca memiliki jam tangan kan?, bila memiliki jam tangan, anda harus mengetahui bagaimana cara merawat jam tangan yang anda sayangi tersebut. Tapi yang belum memiliki jam tangan, mungkin bisa untuk referensi bila sudah memiliki.
Jam tangan memiliki beberapa bagian penting yang menjadi penunjang jam tersebut, maka akan dibahas juga di beberapa bagiannya.



1. Mesin jam, jauhkan dari Medan Magnet yang kuat seperti magnet, tv, pengeras suara, mesin pendingin dll. Karena medan magnet akan merusak ketahanan mesin jam anda.
Dan usahakan jangan sampai jam tangan jatuh , karena jika sudah jatuh maka lambat laun akan merusak komponen di dalamnya atau setidaknya akan mengendurkan komponen yang ada di dalam jam tangan tersebut. Lain hal nya jika anda memiliki jam tangan original tahan banting merk Hublot dari Swiss

2. Bagian display (kaca jam tangan), bersihkanlah kaca jam anda dengan kain yang halus, sehingga tidak menggores kaca jam yang memang sangat sensitif terhadap goresan. Meskipun jam anda terbuat dari bahan yang memang sudah "Anti Gores" tetapi tetap saja jika digores secara terus menerus dengan bahan yang kasar lapisan tersebut akan semakin tipis, dan berkurang ketahanannya terhadap goresan.

3. Bagian tali jam, tips perawatan pada bagian ini terbagi menjadi 3 bagian sesuai bahan tali jam tangan :

  • Bahan Rubber/karet, bersihkanlah dengan sabun kemudian sikatlah dengan sikat kecil agar sisa-sia keringat yang menempel pada jam menjadi hilang , bersih, dan tidak menimbulkan jamur dan bau yang tidak sedap. 
  • Bahan Rantai/stainless steel, bersihkanlah rantai stainless steel dengan alkohol dan menyikatnya, hal ini akan menghilangkan sisa-sisa keringat pada pergelangan tangan yang menempel pada bagian jam tangan. Warning : Untuk stainless steel murni tidak akan meninggalkan karat, tapi pada jam-jam kw yang biasanya terbuat dari bahan stainless campuran, biasanya catnya akan rusak, dan kadang menimbulkan karat jika terkena air. Jadi pastikan anda tahu spec rantai jam tangan anda. 
  • Bahan kanvas, yang ini mungkin sedikit lebih mudah karena secara fisik hampir sama dengan pakaian. Cuci kanvas, sikat dengan tambahan sabun kemudian tinggal di keringkan (usahakan jangan di jemur di bawah sinar matahari langsung). 
4. Zat-zat yang bisa menyebabkan korosi pada jam antara lain adalah air, minyak, keringat, air hujan, lumpur, air laut, dan lain-lain (kecuali pada jam tangan Original yang memang teruji ketahanannya ) Jadi usahakan jam tangan anda selalu kering, segera bersihkan jika terkena bahan bahan yang kami sebutkan di atas.

5. Baterai, tips dan cara merawat baterai adalah dengan segera mengganti baterai jam tangan anda bila baterai sudah mulai lemah, atau segeralah membuang batere tersebut bila tidak sempat membeli yang baru. Kenapa ? karena jika baterai sudah lemah/mati /rusak biasanya akan menimbulkan minyak yang bersifat korosif (merusak) pada mesin jam tangan.

6 Apabila jam tangan anda adalah jam tangan kinetik atau otomatis (misal alexandre christie, seiko, ROLEX, Tag Heuer Otomatis , dan jam-jam lain yang otomatis), maka servis berkala sangat dianjurkan, kira-kira 1 tahun sekali itu sudah cukup untuk merawat jam tangan otomatis anda agar tahan lama dan awet dipakai.

7. Tips merawat jam tangan lainnya adalah dengan membawa jam tangan original anda pada tempat servis resmi masing-masing merk.

Jika poin di atas ada yang kurang atau ada yang ingin menambahkan silahkan tulis komentar disini ya., dan jangan lupa untuk like.. trims...

4 Responses to "Tips Merawat Jam Tangan Kesayangan Anda dengan Mudah"

  1. untuk jam tangan dg bahan titaniuam caranya bgmn gan?

    BalasHapus
    Balasan
    1. untuk, perawatan sebagian besar sama gan danar, apalagi titanium yg emang bahannya begus, tidak terlalu sulit..

      Hapus