Tips Memilih Modem USB yang Bagus, Cepat dan sesuai Kebutuhan

Orbitpedia-Internet saat ini menjadi peringkat nomor satu dalam kebutuhan bagi para pengguna gadget. Internet yang berada dalam perangkat smartphone, handphone, laptop dan lain-lain. kenapa demikian? Karena bukan hal yang rumit lagi bahkan menjadi hal yang sudah sangat friendly sekali bagi para kalangan tersebut dari balita hingga lansia.

Internet yang dipakai tidak bisa mengandalkan wifi gratisan secara terus menerus ya kawan, kita harus memiliki kuota tersendiri bila berada jauh dari wifi. Khususnya yang pengguna laptop dan sering internetan sebagai contoh para netter, blogger dll. Penggunaan modem (modulator-demodulator) sering menjadi alternatif terbaik diantara hotspot menggunakan smartphone. karena sinyal yang stabil dan langsung colok konek pakai.

Mungkin banyak nih keendala bagi pengguna internet untuk memilih modem yang bagus, cepat apalagi yang sesuai kebutuhan, karena bila sudah sesuai kebutuhan akan menjadi lebih efektif dan efisien. seperti apa sih modem yang begitu, dan bagaimana cara atau tips untuk memilih modem yang seperti itu? langsung saja ikuti langkah-langkah berikut:

baca juga:

Tips Memilih Modem USB yang Bagus, Cepat dan sesuai Kebutuhan:

1. Tentukan operator penyedia jasa internet sesuai dengan lokasi
Hampir seluruh operator seluler di Indonesia telah menyediakan jasa layanan internet dengan media modem USB. Namun, untuk menentukan mana yang akan Anda pilih, ada baiknya Anda memilih operator yang memiliki kualitas sinyak bagus di daerah tempat Anda biasa menggunakan modem USB tersebut. Jika sampai salah pilih, Anda akan dirugikan karena koneksi internet akan barjalan lambat dan tidak stabil.

2. Plug and play
Fitur ini sangat penting terdapat pada modem, dengan fitur ini agar tidak repot karena kita tidak memerlukan cd-rom lagi untuk menginstal drivernya. Melainkan modem tersebut saat dimasukkan kedalam port usb akan melakukan proses instalasi driver dan software modem.

3. Kecepatan Akses
Perhatikan kecepatan maksimal yang ditawarkan modem yang akan dibeli, pilih HSDPA untuk GSM dan EVDO untuk CDMA. Semakin tinggi maka semakin bagus.

4. Pilih modem USB yang mendukung jaringan sinyal terkuat
Banyak operator penyedia layanan internet kini berlomba-lomba untuk menyediakan layanan internet berkecepatan tinggi. Salah satu usaha yang merelakukan adalah dengan meningkatkan jaringan sinyal koneksi mulai dari GPRS, 3G, 3.5G, atau bahkan 4G. Sayangnya tidak semua modem support dengan kecepatan tersebut. Jadi pastikan Anda memilih modem keluaran terbaru yang telah support dengan koneksi tercepat.

5. Pilih merek modem ternama
Mungkin ini merupakan hal yang sangat relatif, karena masing-masing orang memiliki pilihan tersendiri. Namun, di pasaran saat ini telah terdapat sejumlah vendor yang memang dikenal sebagai penghasil produk modem USB berkualitas. Saran penulis, daripada harus memilih produk dengan merek belum terkenal, lebih baik pilih yang sudah dikenal. Selain itu, umumnya sebuah brand besar memiliki layanan konsumen yang jauh lebih baik.

6. Sesuaikan dengan sistem operasi
Pada setiap produk modem USB pastinya diberikan keterangan tentang kompabilitas sistem operasi. Beruntung bagi Anda yang menggunakan sistem operasi Windows XP ataupun Windows 7 karena hampir seluruh produk modem USB yang beredar di pasaran kompatibel dengan OS besutan Microsoft tersebut. Namun bagi Anda pengguna sistem operasi di luar Windows seperti Mac OS X, Linux maupun Unix harus lebih diperhatikan lagi dalam memilih modem.

7. Desain modem USB
Ini terpengaruh dengan bagaimana port USB di laptop anda diletakkan. Biasanya satu usb port di kiri, dan dua di kanan. Laptop keluaran terbaru, biasanya juga cuman punya 3 usb port. Bahkan ada yang tega cuman memberi 2 atau satu saja macam si MacBook Air itu. Nah, supaya kita bisa menggunakan semua port usb yang ada di laptop, maka kita harus pastikan modem USB kita itu cukup tipis, tidak terlalu lebar dan gendut sehingga menghalangi lubang port USB lainnya.

oke semoga bermanfaat tips diatas ya kawan, silahkan pilih yang sesuai kebutuhan, bagus dan cepat. Jangan lupa like, share dan komen ya kawan.

0 Response to "Tips Memilih Modem USB yang Bagus, Cepat dan sesuai Kebutuhan"

Posting Komentar