Trik Jitu Menghilangkan Rasa Pedas Dimulut yang Tak Tertahankan

Orbitpedia-Pedas kadang membuat kita jengkel kalo terlalu lama, apalagi bagi yang tidak suka pedas pasti mati-matian untuk mencari solusi menghilangkan rasa pedasnya.

Lalu, pernah gak kalo kepedasan kemudian minum air putih malah tambah pedas? Itu benar kok, memang membuat tambah pedas berdasarkan pengalaman penulis. Nah mari kita simak langsung saja Trik Jitu Menghilangkan Rasa Pedas Dimulut yang Tak Tertahankan.


Baca juga:


1. Air hangat
Saat rasa pedas menjalar pada lidah, kita sering mengatasinya dengan meminum air dingin. Minum air dingin memang enak pada awalnya untuk mengatasi rasa panas, namun tidak rasa pedas.
Minumlah air hangat yang mungkin terasa tidak menyenangkan di awal, namun berangsur-angsur dapat mengatasi rasa pedas.

2. Garam
Tak berbeda banyak dengan lemon dan jeruk nipis, garam juga dapat mengatasi rasa pedas. Rasa asin pada garam dapan mengalahkan rasa pedas. Caranya cukup mudah, taburkan garam pada ujung lidah dan tunggu beberapa saat.


Memang rasanya tidak akan menyenangkan, tapi coba dan rasakan lidah anda kembali netral dan tidak kepedasan lagi.

3. Susu
Ya, minumlah susu saat anda kepedasan. Di dalam susu terdapat kandungan caesin yang mampu mengikat dan melunturkan rasa pedas pada cabai. Baik itu susu tawar maupun yang manis, susu dapat menetralkan rasa pedas.

4. Minyak sayur
Capsaicin bisa dihilangkan dengan minyak sayur atau minyak zaitun. Anda bisa menggunakannya untuk 'mencuci' mulut serta menghilangkan rasa terbakar. Akan lebih baik jika minyak tersebut dimasukkan lemari es supaya dingin.

5. Mentimun
Tak salah jika dalam lalapan selalu ada mentimun. Mentimun cukup ampuh untuk mengatasi rasa pedas karena memiliki kadar air alami yang tinggi sehingga mampu menghilangkan rasa pedas dari mulut.
Jadi saat kepedasan, jangan abaikan mentimun. Selain sehat, ternyata dapat membantu membuat lidah kembali netral.

6. Gorengan
Memakan gorengan yang lembab dan tidak panas tentunya, mampu mengatasi rasa kepedasan. Rasa gurih dan minyak dalam makanan tersebut mampu membantu menghilangkan rasa pedas.
Jika tak ada gorengan, anda juga dapat mengonsumsi kerupuk atau jenik keripik lainnya yang berminyak.

7. Hindari Soda
Minuman bersoda apalagi saat dingin memang terasa sangat nikmat dikonsumsi saat sedang kepedasan. Namun soda akan membuat rasa pedas semakin menjadi. Sebaiknya meminum air putih maupun air hangat, bukan dengan soda.

8. Buah-buahan
Konsumsilah buah-buahan terutama yang manis dan mengandung banyak air seperti semangka, melon, jeruk dan lain sebagainya. Buah-buahan ini akan dengan cepat menetralkanan rasa pedas dengan kandungan air dan rasa manis alami di dalamnya.

9. Nasi atau roti
Nasi atau roti mampu menyerap rasa terbakar yang diakibatkan oleh capsaicinoid. Ini akan meredakan kepedasan di mulut. Selain itu, pisang juga bisa membantu untuk meredakan rasa pedas yang Anda rasakan.

10. Minuman asam
Minuman lain seperti jus lemon dan jus tomat juga baik untuk mengatasi kepedasan. Asam yang terkandung dalam minuman tersebut bisa menghilangkan rasa pedas yang disebabkan capsaicinoid. Memakan jeruk atau irisan lemon juga bisa membantu.

11. Air gula
Ketika kepedasan jangan minum air. Capsaicinoid berbahan dasar minyak dan tak akan bisa dihilangkan dengan air. Namun Anda bisa mencoba air gula untuk menghilangkan rasa pedas dan mendinginkan mulut.

12. Lemon atau Jeruk Nipis
Lemon atau jeruk nipis dapat menjadi solusi ketika kepedasan. Dengan rasanya yang kecut dan masam, lemon dan jeruk nipis dapat menetralkan rasa pedas dengan rasanya yang dominan.
Peras lemon atau jeruk nipis di ujung lidah dan secara berangsur-angsur rasa pedas pun akan hilang. Tak salah pula jika lemon maupun jeruk nipis sering dijadikan pendamping minuman keras untuk mengatasi rasayang yang kuat.

Semoga bermanfaat ya dan dapat sukses menghilangkan rasa pedas yang tak tertahankannya, jangan lupa like dan komentarnya ya..

0 Response to "Trik Jitu Menghilangkan Rasa Pedas Dimulut yang Tak Tertahankan"

Posting Komentar